Habits of Passionate People

Watak, sifat dasar semua anak manusia adalah sama, kebiasaannyalah yang memisahkan mereka ~ Confucius
Motivasi merupakan hal yang membuat anda memulai sesuatu. Namun kebiasaan Andalah yang membuat anda terus maju ~Jim Ryun

Ketika kita mendapatkan hal yang menjadi 'passion' atau sesuatu yang pantas untuk kita perjuangkan, maka kita punya segudang alasan dan motivasi untuk memulai dan hingga akhirnya mengubah hidup kita. Namun, sekedar motivasi tidak akan mengantarkan kita pada tujuan akhir, motivasi perlu kita transformasi menjadi kebiasaan dalam hidup kita. 
Manusia adalah makhluk yang patuh dengan hukum kebiasaan. Dalam segala aktifitas kita, secara alamiah kita selalu mencari cara untuk menciptakan suatu pola dan pada akhirnya melakukan sesuatu -menurut pola tersebut- secara otomatis atau autopilot.
Kebiasaan yang kita ciptakan ketika kita sedang dalam fase 'Jatuh' kehidupan - yang pada dasarnya berada dalam kondisi kehilangan arah dan tidak punya pegangan - tidak akan membantu kita untuk membangun kehidupan yang penuh semangat.
Oleh karena itu perlu untuk kita semua, menciptakan, mempertahankan kebiasaan-kebiasaan positif untuk hidup lebih bersemangat, lebih bermakna.


Berikut merupakan 10 kebiasaan orang-orang yang hidupnya diselimuti dengan atmosfer perubahan dan semangat. 

1. Bangun di awal waktu.
The sun has not caught me in bed in fifty years.~ Thomas Jefferson
Seperti halnya kebiasaan seorang muslim yang bangun diawal waktu untuk menunaikan sholat subuh, orang orang orang yang penuh gairah dalam hidupnya (Passionate Peoples) adalah orang-orang yang bangun diawal waktu. Ada sesuatu yang mistis ketika bangun lebih awal, apalagi suasana ketika subuh hari. Bisa jadi momen yang sangat menenangkan tersebut merupakan waktu yang paling produktif dalam waktu sehari kita.
Ketika kita bangun diawal waktu dengan hati tenang dan riang, maka sepanjang hari semua hal hal baik siap menyapa kita. Mari bercengkrama dengan matahari pagi saat ia menyapa kita, bukan sebaliknya ia mendatangi kita disaat kita masih lelap tertidur.

2. Membaca dengan penuh semangat
I find television to be very educating.  Every time somebody turns on the set , I go in other room and read a book. ~Groucho Marx

Jika kita bisa menggantikan waktu untuk menonton TV menjadi waktu untuk membaca buku, maka percaya atau tidak kita bisa menjadi orang yang paling cemerlang diantara teman dan kolega kita. Dan tentunya prestasi juga dapat kita raih dengan mudah.
Kehidupan seorang Amerika, berubah drastis ketika dia mendengarkan Earl Nightingale di radio, yang mengatakan "Jika anda mempelajari topik tertentu dari disiplin ilmu apa saja satu jam setiap hari, maka anda akan menjadi seorang ahli dalam 5 tahun! - jadi teringat film Flash of Genius, tokoh utama diperankan oleh Greg Kinnear yang melakoni karakter Professor berdedikasi tinggi yang menemukan sistem "wiper" otomatis pada mobil. Singkat cerita penemuannya dipakai secara sepihak oleh produsen mobil terkemuka, tanpa sedikit pun mengakui hak intelektual sang profesor. Terjadi konflik, selang beberapa tahun tanpa solusi, masalah tersebut dilanjutkan dimeja persidangan. Sang profesor yang memiliki background 'engineering' memacu dirinya untuk mempelajari kasus-kasus hukum yang menyangkut pelanggaran atas hak intelektual dan paten, dan menjadikan dirinya sebagai Pengacara sekaligus Klien. Tiap hari dia membaca dan menganalisis buku-buku yang sangat berbeda dengan disiplin ilmunya, namun karena 'passion'nya yang kuat akhirnya dia memenangkan kasus tersebut. Tidak cukup dengan sibuk memilihnya ditoko, buku harus kita baca dengan penuh semangat. Jika kurang suka membaca, maka biasakan mendengarkan audiobook atau podcast.

3. Sederhanakan!
The ability to simplify means to eliminate the unnecessary so that the necessary may speak. ~ Hans Hofmann

Menyederhanakan segala hal adalah bagian dari pekerjaan dan hidup kita. Dimulai dari menghilangkan sesuatu yang tidak penting. Segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan passion dan tujuan kita, seharusnya dieliminasi bahkan dinihilkan. Mereka sebaiknya tidak mempunyai porsi untuk mempengaruhi kehidupan keseharian kita, karena terkadang mereka membuang waktu, tenaga bahkan uang kita.
Ketika kebutuhan kita sedikit, dan kita belajar untuk mengambil manfaat darinya maka kebebasan finansial kita pun akan terbuka lebar.

4. Tenangkan diri
For fast-acting relief, try slowing down.~ Lily Tomlin

Kita tidak akan merasakan hidup penuh semangat dalam suasana sibuk, stres, dan penuh kekacauan. Kita mesti bisa mencari waktu yang tenang untuk diri kita, jauh dari hal hal yang menyibukkan kita dalam aktifitas keseharian. Tenangkan diri dan dengarkan suara hati. Tenangkan diri dan evaluasi kemajuan yang dibuat. Tenangkan diri dan atur kembali fokus kepada hal hal yang benar benar penting. Jika kita bisa membangun kebiasaan bangun pagi, maka dengan mudah kebiasaan ini pun akan terbangun. Kita akan mudah mendapatkan waktu merefleski dan berkontemplasi.

Slow down and everything you are chasing will come around and catch you.~ John De Paola

5. Kerja keras
Lack of activity destroys the good condition if every human being, while movement and methodical physical exercise save it and preserve it. ~Plato

Those who think they have not time for bodily exercise will sooner or later have to find time for illness.~ Edward Stanley

Kesehatan adalah salah satu nikmat yang sangat berharga. Banyak orang yang mengejar mimpinya dengan penuh antusias, namun tidak sedikit dari mereka memberikan tekanan yang kuat bagi fisiknya dan bertindak acuh tak acuh terhadap kesehatannya sendiri. Mereka berpikir bahwa mereka harus bekerja sangat keras, baik secara mental maupun fisik untuk mencapai segala tujuan yang diimpikan. 
Secara umum, kemauan untuk bekerja lebih keras adalah baik, namun perlu diingat bahwa jika kita tidak menjaga tubuh kita, suatu saat bisa saja kita collapse atau jatuh sakit dan tentunya mempengaruhi aktifitas keseharian kita. 
Kesehatan seharusnya menjadi prioritas utama untuk mengatur gaya hidup kita yang aktif, dinamis dan penuh passion.

6. Berlatih secara teratur
The more I practice, the luckier I get. ~Jerry Barber 

Menjadi rahasia umum bahwa keberuntungan adalah ketika persiapan bertemu dengan kesempatan. Kita harus melatih apa yang menjadi passion kita, setiap hari kalau bisa. Karena jika kita gagal, apa yang kita inginkan akan menjauhi kita dan akan melupakannya seiring dengan kesibukkan keseharian kita.
Talenta atau bakat tidak akan bertahan tanpa atau menggantikan aktifitas latihan. Kita bahkan tidak butuh bakat jika kita meluangkan usaha yang besar untuk berlatih dan tetap mengembangkan keahlian kita. Selalu berlatih dan siap tempur sehingga ketika kesempatan datang berkunjung, kita dapat maksimalkan dengan baik.

7. Buat jaringan kebaikan
We cannot live only for ourselves. A thousand fibers connect us with our fellow men.~ Robert Quillen

Buat hidup kita dikelilingi oleh orang orang yang bersemangat. Itu adalah salah satu kebiasaan kunci yang paling penting. Ia dapat mengakselerasi kesuksesan kita yang tidak bisa dilakukan oleh kebiasaan yang lain. 
Terhubung oleh orang orang yang penuh motivasi, selalu bersemangat dapat membentuk sistem yang membantu perbaikan diri dan pembakar semangat kita. Kita bisa mendapatkan nasehat nasehat berharga, motivasi, dan dorongan semangat yang berkesinambungan. 
Apa yang bisa diharapkan dengan membangun hubungan dengan orang-orang yang mandek dengan pekerjaan yang mereka tidak senangi dan tidak mencari sesuatu yang membuat mereka bersemangat. Lebih banyak hal negatifnya dibandingkan hal positif. 
Akan berada dimana kita suatu saat secara proposional juga tergantung dimana kita pernah membangun relasi dan jaringan. 

8. Selalu bersyukur
He is a wise man who does not grieve for the things which he has not, but rejoices for those which he has.~ Epictus
Gratitude is the best attitude.~ Unknown

Perasaan syukur seharusnya selalu kita tanamkan dalam diri kita. Selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki dan pada saat yang sama juga tetap berusaha untuk mendapatkan yang terbaik. Dengan bersyukur kita paham akan nilai sesuatu yang kita miliki. Kesehatan, kesempatan, masa muda, semuanya patut disyukuri.

9. Produktif dan Pantang menyerah
Lebih dari 300 bank menolaknya dan akhirnya pada bank ke 303 Walt Disney mendapat suntikan dana untuk membangun Disney Land.
Lebih dari 1000 restoran menolaknya dan akhirnya pada restoran ke 1010 lah Colonel Sanders berhasil menawarkan racikan bumbu rahasia Ayam Gorengnya dan pada akhirnya mengubah kebiasaan makan manusia diseluruh dunia dengan KFC. 
Membuatnya menghabiskan 35 tahun mengamati jutaan gambar, hingga pada akhirnya Steve McCurry melalui fotonya Sharbat Gula (The Afgan Girl) dikenal secara global dikenali dan dihubungkan dengan lukisan fenomenal Monalisa karya Leonardo da Vinci.
134 penerbit buku menolak karya Jack Canfield dan Mark Victor Hansen "Chicken Soup for the Soul", hingga akhirnya karya mereka menjadi best seller sepanjang masa. 
Thomas Edison membuat 1000 (atau 10000) kegagalan -cara berbeda- sebelum akhirnya menemukan lampu pijar. 
Mozart meninggal hanya meninggalkan ukiran nama pendek di nisannya. Namun, hari ini lebih dari 600 karya musicnya merupakan karya terbaik yang pernah dikomposisi. 
Apakah kita bisa melihat polanya?
Ya, jika kita ingin membuat passion kita menjadi bagian dari dunia, maka kita perlu menjadi seorang yang produktif dan tentunya pantang menyerah. Tetap membangun usaha besar dan mungkin saja suatu saat dunia akan melihatnya. 

Produce more work than anyone could think humanly possible.

10. Menulis Blog
"Blogs are much more powerful than most realize. They're a simple way to explore and share the thoughts and beliefs you're excited about and for people to immediately see and provide feedback." - Scott Dinsmore of Live Your Legend

Bagian dari nasihat inilah yang memotivasi saya membuat tulisan rujukan bebas ini untuk kita semua. Blog merupakan platform multimedia yang memudahkan kita untuk saling berbagi informasi kepada semua orang di dunia internet melalui tulisan, audio ataupun video. Orang lain dapat membaca, mendengarkan, atau menonton hal hal yang kita posting dihalaman blog kita. Dan jika mereka senang dengan apa yang kita lakukan maka mereka akan membuat masukan positif dan mengabarkannya ke teman temannya dan komunitas pun akan semakin besar. Dan hal ini juga bisa menjaga semangat kita untuk tetap berbagi dan bermanfaat terhadap sesama. 

Menjadi pertanyaan terbesar kita semua: Kebiasaan apa yang telah membuat perubahan terbesar dalam hidup kita?

Diterjemahkan bebas dari The Ten Habits of Passionate People article | Mohamed Tohami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar