Sharing Informasi Beasiswa Turki 2014-2105

Beasiswa untuk Pelajar Indonesia - Perburuan beasiswa bagi rekan-rekan pelajar yang masih semangat belajar perlu kita mediasi dengan pemberian informasi yang merata. Nah, kali ini admin ingin membagikan informasi Beasiswa yang dibuka tiap tahunnya untuk pelajar Internasional dari Negeri Turki.


Beasiswa Pemerintah Turki, semenjak 3 tahun terakhir sudah mulai sangat diminati oleh pelajar internasional, terutama pelajar dari Indonesia, baik yang ingin melanjutkan studinya di jenjang Sarjana, Pascasarjana, ataupun hanya ingin belajar bahasa Turki dan riset penelitian. 

Kebetulan admin merupakan salah satu penerima beasiswa Pemerintah Turki tahun 2011, yang sebelumnya dikoordinasi oleh lembaga MEB (Kementrian Pendidikan Turki), namun sekarang sudah dipegang oleh insitutsi dibawah kementrian luar negeri Turki, yakni YTB. Banyak hal yang berubah, sistem penerimaan, sistem penempatan siswa, bahkan jumlah nominal beasiswanya. Saat ini beasiswa pemerintah Turki ini dikenal dengan Turkey Scholarship atau Turkiye Burslari.

Menjadi alasan yang kuat memang, bahwasanya bukan hanya dari faktor sistem pendidikan tingkat perguruan tingginya yang punya kualitas mumpuni dan semakin berkembang, faktor kekayaan sejarah dan budayanya pun punya andil besar dalam membentuk faktor ekstrinsik banyaknya pelajar Internasional memilih Turki menjadi destinasi melanjutkan studi di jenjang perguruan tinggi. Perpaduan kultur Asia-Eropa telah menjadikan Turki tujuan tempat studi yang unik. 

Perguruan Tinggi di Turki memiliki beberapa kampus dengan kualitas Internasional yang cukup punya nama di antara 500 besar bahkan 100 besar kampus Top dunia. Sebut saja, METU (Middle East Technical University) dan Boğazici University yang selalu menjadi andalan dan kampus favorit pilihan pelajar di Turki. Kebanggaan tersendiri ternyata hampir 60-an mahasiswa Indonesia berkuliah di METU dan tidak sedikit yang menjadi juara kelas dan menorehkan Prestasi membanggakan.

Nah, pada kesempatan ini admin ingin memberikan informasi terbaru untuk pembukaan aplikasi penerimaan beasiswa pemerintah turki untuk tahun 2014-2015. Aplikasi penerimaan beasiswa untuk program pascasarjana (master dan doktor) dibuka pada bulan MARET, sedangkan untuk calon mahasiswa sarjana, dibuka pada bulan APRIL-MEI. Untuk informasi lengkap apa itu Beasiswa Turki atau YTB  dan berbagai persyaratannya anda bisa membacanya di pranala ini :
Studi di Turki dengan Beasiswa YTB
Jangan lupa sekitar beberapa minggu lagi, aplikasi penerimaan beasiswa ini dibuka, segera persiapakan syarat-syaratnya, semoga anda menjadi salah satu generasi penerus penerima beasiswa Turki ini. Salam sukses.

3 komentar:

amie hamidah rahmani mengatakan...

berhubung saya masih studi S1. saya akan mencoba ikut proses penerimaan lewat YTB. semoga bisa ke sana :) mohon bimbingan..

Anonim mengatakan...

kalo tamat SMA bisa gak??

Anonim mengatakan...

min boleh mnta nope nya ga mau tanya'' lebih dalam lg...

Posting Komentar